Wakil Bupati Ngawi Sambut Wakil Menteri Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Kunjungan Ke Ngawi

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar S.T.M.H Sambut Kedatangan Wakil Menteri Desa Budi Arie

Ngawi – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi mengadakan kunjungan perdana ke 3(tiga) desa di wilayah Kabupaten Ngawi pada Jum’at (8/11).

Terdapat tiga desa dalam kunjungan di Kabupaten Ngawi yakni Desa Gendingan Kecamatan Widodaren, Desa Kiyonten Kecamatan Kasreman dan Desa Grudo Kecamatan Ngawi.

Mengawali kunjungan ke desa-desa di wilayah Kabupaten Ngawi, Wamen Budi Arie bermalam di rumah warga di Desa Gendingan. Dan pada keesokan harinya, ia memulai kunjungan dengan meresmikan Wisata Sawah “Merti Boemi” yang dibangun dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2019.

“Desa Gendingan ini kan statusnya sudah menjadi desa mandiri, sebelumnya desa berkembang, ya ini kreativitas warga untuk menggunakan dana desa ini dengan BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, terutama dengan minapadi dan kerajinan dari ibu-ibu PKK”, jelas Wamen Budi Arie.

Dalam kunjungan ke Kabupaten Ngawi, Budi Arie juga berkesempatan meninjau Sekolah Inklusi Ramah Anak Berkebutuhan Khusus Yayasan Beranda Istimewa Ngawi di Desa Grudo.

“Sangat inspiratif, ini kan tidak mungkin orang tanpa komitmen, ini pasti orang yang punya komitmen tinggi, punya kepedulian, punya kesabaran untuk membangun sekolah inklusi ini,” katanya.

Desa Grudo yang berstatus desa mandiri menargetkan mulai pada tahun 2020 akan memanfaatkan dana desanya berorientasi pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan kunjungan Wamen Budi arie ke Ngawi Wakil Bupati Ony Anwar mengingatkan untuk pemanfaatan dana desa kedepan berfokus pada pemberdayaan ekonomi dan SDM masyarakat, Karena angka stunting di Kabupaten Ngawi masih cukup tinggi. Dan syarat untuk menciptakan SDM yang unggul dan cerdas adalah menurunkan angka stunting. Ia, berharap untuk kedepan angka stunting nasional akan terus menurun dan mendekati angka 0 persen.

“Desa di Kabupaten Ngawi semuanya yang tadinya tertinggal bisa berkembang atau maju, yang sudah mandiri bisa menjadi inovasi menjadi contoh bagi desa-desa lain di seluruh Desa di Kabupaten Ngawi. Selama masyarakat nya guyub, pengelolaan dana desa itu transparan, komitmen Kepala Desa juga baik, saya yakin dana desa ini bisa berguna bagi kemajuan desa,” katanya.