Ngawi – Gelaran Reuni SMA NEGERI 5 SURABAYA kembali diselenggarakan. Berbeda dari tahun kemarin  kali ini dengan mengambil tema Reuni Akbar Lintas Angkatan 2019 Guyub Rukun Selawase  Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono mengajak seluruh angkatan SMALA SURABAYA untuk berkumpul pada Sabtu & Minggu (16,17/11).

Reuni Akbar Lintas Angkatan mengambil tempat di Srambang Park, Seloondo, Pendopo Wedya Graha, Benteng Pendhem dan Taman Candi. Diikuti 327 peserta dari angkatan ‘57 sampai ’85.

Melalui jalur TOL Surabaya dan Exit di Ngawi seluruh peserta langsung menuju ke Wisata Srambang Park, di wisata yang mendapatkan juara 3 tingkat nasional tersebut peserta disuguhkan udara yang begitu segar, hawa yang sejuk dengan gemericik aliran air terjun dan lingkungan wisata yang bersih. Disrambang Park peserta berfoto – foto disepanjang perjalanan menuju Air Terjun Srambang.

Di Srambang Park Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh temen – teman seangkatan, adik kelas, kakak kelas dan guru pada waktu itu.

“syukur allhamdullah kita semua bisa berkumpul dengan keadaan sehat, reuni ini semoga bisa menjaga tali silahturahmi SMALA agar selalu guyub rukun selawase” jelas Budi Sulistyono.

Setelah puas dari  Srambang Park peserta melanjutkan destinasi yang kedua di wisata Seloondo. Di tempat wisata ini seluruh peserta di mengikuti lomba Festival Gravitasi Bumi yaitu menyusun batu, karena daya magnet wisatawan untuk datang ke Seloondo adalah ingin mencoba menyusun batu. Peserta pun juga dihibur live musik dan menikmati kopi rasa nangka asli Seloondo dan buah Durian.

Hari sudah menjelang sore seluruh rombongan SMALA mulai bergegas menuju ke ngawi kota untuk menuju hotel masing – masing dan persiapan acara dimalam harinya.

Bertempat di Pendopo Wedya Graha tepat pukul 19.30 acara dimulai dengan diawali penampilan Pemda Band dengan membawakan 4 lagu pop dilanjutkan dengan persembahan Lens Dance  yaitu berjoget bersama – sama dari ibu – ibu seluruh angkatan. Tidak mau kalah dengan rekan – rekannya Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono juga menunjukkan kebolehan di olah suara, beliau bersama UNIX Band membawakan lagu yang begitu hits “ Kartonyono Medot Janji”. Layaknya vokalis Band Mbah Kung sapaan akrab Bupati Ngawi menghinotis seiisi pendopo dan membuat rekan – rekannya ikut bernyanyi dan berjoget. Rangkaian acara malam itu ditutup dengan penampilan Guest Star “ Black Mash” dri Jogjakarta.

Dihari Kedua pukul 06.00 WIB seluruh peserta reuni sudah berada di Taman Wisata Tawun. Bertepatan dihari Ahad Legi   di Taman Wisata Tawun selalu diadakan acara “Pasar Jadul”, yang mana konsep yang diperlihatkan serba Jadul (Jaman Dulu) seperti makanan gethuk, cenil, ketela godhok, kacang godhok, lopis dll. Selaras dengan Pasar Jadul seluruh peserta reuni SMA N 5 SURABAYA juga menggunakan pakaian jadul. Ada yang memakai kebaya, lurik, udeng, blangkon dan atribut – atribut jadul lainnya.

Dengan mengenakan Lurik berwarna merah dan blangkon Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono membaur dengan masyarakat yang saat itu juga ingin melihat keunikan Pasar Jadul. Mbah Kung pun juga berfoto bersama masyarakat sekitar dan menyempatkan bernyanyi lagu jawa dengan judul “Nyidam Sari” yang saat itu ada hiburan Cokekan. Setelah bernyanyi Mbah Kung berjalan menyisir di lapak – lapak yang menjual makanan jadul, tanpa lama  Mbah Kung juga membeli dan mencicipi makanan tersebut. Adapun acara selanjutnya Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono mengajak seluruh peserta reuni untuk berfoto bersama di Sendang Beji dan dilanjutkan pelepasan anak Bulus di kolam penakaran sebagai tanda begitu perhatiannya keluarga SMALA akan pelestarian Bulus di Tawun.

Dari Wisata Tawun peserta reuni melanjutkan destinasinya menuju Benteng Van Den Bosh atau yang dikenal dengan sebutan Benteng Pendem. Di Bangunan Peninggalan Belanda tersebut peserta reuni berfoto – foto dengan latar belakang bangunan yang begitu eksotis.

Diakhir kunjungan keluarga besar SMALA SURABAYA mengunjungi Taman Candi untuk makan siang dan bersama – sama menyanyikan lagu “kemesraan” dengan harapan kemesraan kebersamaan ini tidak cukup sampai disini tapi berlanjut lagi dikemudian hari. (humpro)