Gelar Pangan Murah dan Panen Raya Bersama Jendral TNI (Purn) DR.H. Moeldoko ,S.IP. di Kabupaten Ngawi

Untuk menjaga kestabilan pangan, Pemerintah kabupaten Ngawi bersama dengan Badan Pangan Nasional, HKTI Pusat, gelar Bazar Pangan Murah bertempat di Pendopo Kepatihan Ketanggi Ngawi, Jumat (09/11/22).

Hadir dalam acara ini Ketua Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ) Jendral TNI (Pur) Dr H. Moeldoko, S.IP, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono selaku Ketua HKTI Jatim, Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, serta Jajaran Forkopimda Ngawi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Ngawi dalam sambutanya menyampaikan Ketahanan Pangan Di Jawa Timur Khususnya di Kabupaten Ngawi terpantau aman dan per Desember Kab Ngawi peringkat pertama ketahana pangan Nasional dengan produktifitas padi tertinggi dan surplus beras tertinggi Nasional. ,”Semua ini berkat gotong royong pemangku kebijakan dengan para petani di Kabupaten Ngawi”, katanya

Lebih lanjut, Ony berkata Petani di Ngawi sudah banyak yang mandiri dan melakanasakan Pertanian Ramah Lingkungan berkelanjutan. Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepda bapak Moeldoko karena telah hadir di Kab. Ngawi.

Sementara Ketua HKTI, Jendaral TNI (Purn) Dr H Moeldoko dalam sambutannya mengatakan terdapat beberapa factor harga pangan naik anatar lain adanya konfrensi bbm naik, kebijakan Negara untuk ekspor, dan terakhir terjadi kegagalan panen. Mooeldoko mengajak petani untuk saling berdiskusi dengan petani lain dan saling tukar informasi.

Moeldoko juga mengungkapkan bahwa penanaman dengan benih varietas M400 dan M70D dapat mengevisiensi 30 hari masa panen.

Dalam rangkain kegitan itu juga dilakukan bazar pangan Murah untuk warga Umum, dan dan Penyerahan Alsintan untuk pelaku pertanian.