Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 Berlangsung Meriah

Ngawi – Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, ST., MH menjadi Pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 yang dipusatkan di Alun-alun Merdeka Kabupaten Ngawi, Selasa 02 mei 2023.

Peringatan tahun ini mengambil tema ““Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.” dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Kepada Bagian, Camat serta Oganisasi Masyarakat.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono ST MH membacakan sambutan menteri pendidikan menyampaikan Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar kita, di mana-mana dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang telah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Peringatan berlangsung meriah dengan tampilnya 25 kelompok menarikkan berbagai tarian khas Ngawi dihadapkan pimpinan daerah kabupaten ngawi.

selain itu, Pimpinan Daerah Kabupaten Ngawi menyerahkan piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada pemenang lomba kegiatan-kegiatan pra peringatan hari pendidikan Nasional.