pelatihan ketrampilan kerja bagi buruh atau pekerja pabrik rokok kejuruan tataboga

Ngawi, Wakil bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko resmi membuka acara pelatihan ketrampilan kerja bagi buruh atau pekerja pabrik rokok kejuruan tataboga yang dilaksanakan di aula pabrik rokok PT. Dadi Mulyo Sejati di Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi.

Wabup Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menjelaskan, bawasannya Pemkab Ngawi melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Tenaga Kerja (DPPTK) melaksanakan pelatihan ketrampilan kerja bagi buruh atau pekerja pabrik rokok. Hal ini dilakukan untuk memberikan bekal ketrampilan sebagai bekal keahlian mereka setelah tidak bekerja dapat membuka usaha sendiri.

Jadi kita berikan ketrampilan yang komperhensif seperti tataboga.

Dikatakan, dalam ketrampilan kali ini nantinya Pemkab juga akan memfasilitasi terkait dengan perizinan bagi mereka yang membuka usaha. Selain itu juga ada pendampingan baik pemasaran maupun desain produk untuk menarik pembeli.

Kami berharap para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan serius dan sungguh-sungguh agar nantinya mereka dapat mengaktualkan lagi ilmu yang diperoleh.

Sementara itu, Kepala DPPTK Ngawi Kusumawati Nilam Sulandrianingrum menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesejateraan masyarakat yang salah satunya untuk pemberian pelatihan ketrampilan berdasarkan unit kompetensi sesuai dengan pelatihan ketrampilan kerja bagi buruh atau pekerja pabrik rokok. Terlebih pabrik rokok sendiri termasuk penyumbang terbesar dana bagi hasil cukai tembakau di Ngawi.

Jadi ini untuk melatih ketrampilan kerja bagi karyawan pabrik rokok yang nantinya memasuki masa purna.
Dia menambahkan, dalam kegiatan pelatihan ketrampilan tataboga ini akan dilaksanakan selama 20 hari kerja yang akan dilaksanakan di pabrik rokok ini bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2024. Nantinya para peaerta juga akan difasilitasi seragram, sertifikat kompetensi sesuai kejuruannya dan transport.

Tentunya pelatihan dari dana DBHCHT memang rutin dilakukan setiap tahunnya sesuai kebutuhan pelatihan yang diinginkan.

Hadir pula Forkopimcam kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi.