Rapat Koordinasi Rembuk Stunting dengan tema “Strategi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Ngawi Tahun 2024”

Bupati Ngawi Pimpin Rapat Koordinasi Rembuk Stunting

Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, ST.,MH memimpin Rapat Koordinasi Rembuk Stunting dengan tema “Strategi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Ngawi Tahun 2024” yang bertempat di Command Center, Ngawi pada tanggal 14 Mei 2024.

Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat se-Kabupaten Ngawi, Tokoh masyarakat serta Tim pakar.

Dalam sambutannya, Bupati Ngawi menyampaikan bahwa stunting merupakan masalah serius yang harus diatasi bersama. Stunting dapat menyebabkan berbagai dampak negatif bagi anak, seperti keterlambatan perkembangan fisik dan kognitif, serta meningkatkan risiko terkena penyakit kronis di kemudian hari.

Oleh karena itu, Bupati Ngawi meminta kepada seluruh pihak terkait untuk bersinergi dan bekerja sama dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ngawi.

Rapat Koordinasi Rembuk Stunting ini menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:

  1. Memperkuat intervensi gizi spesifik, seperti pemberian makanan tambahan bagi balita stunting dan ibu hamil
  2. Meningkatkan akses air bersih dan sanitasi yang layak
  3. Memperkuat edukasi dan pendampingan bagi keluarga tentang pola asuh dan pemberian makanan bergizi bagi anak
  4. Melakukan skrining stunting secara rutin dan terintegrasi

Bupati Ngawi juga meminta kepada seluruh OPD terkait untuk mengalokasikan anggaran yang cukup untuk mendukung program penurunan stunting.

Diharapkan dengan komitmen dan sinergitas dari semua pihak, target penurunan stunting di Kabupaten Ngawi dapat tercapai.