Gebyar Bumdesma Dapm Kecematan Tahun 2024, “Doa Bagi Semesta”

Gebyar Bumdesma Dapm Kecematan Tahun 2024, “Doa Bagi Semesta”

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ngawi menggelar Pameran Gebyar Badan Usaha Milik Desa Bersama Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (Bumdes DAPM) Kecamatan tahun 2024. di Halaman kecamatan Pitu. Sabtu (20/07/24).

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Ngawi, Ony Anwar Harsono, Anggota DPR-RI komisi 8 Ina Amania, Kepada OPD lingkup Pemkab Ngawi, seluruh camat se Kabupaten Ngawi, perwakilan kepala desa, Forkopimcam Kecamatan Pitu, Pimpinan Bank Jatim cabang Ngawi, Kepala Kantor BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan cabang Ngawi, Ketua Pengawas dan Ketua Bumdesma DAPM se-kabupaten Ngawi serta Ketuan Forum BUMDesa Ngawi.
Dalam sambutannya, Bupati Ony Anwar Harsono mengatakan terkait pendampingan Pemerintah daerah dalam mendampingi Bumdesma, pihaknya sudah membuat sebuah peraturan bupati sampai dengan Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (APM) yang merupakan tindak lanjut dari program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) agar bisa dikelola dengan baik.
“ Jadi dengan pengelolaan anggaran yang jelas dan baik serta sudah ada paying hukumnya, Alhamdulillah setiap tahun dana ini bisa terus bertambah”, ungkapnya.

Bupati menyampaikan bahwa pihaknya melalui DPMD terus melakukan rakor untuk masuk dan mengetahui secara rinci dalam 19 Bumdesma . “ Dan dari rakor ini kita evaluasi, dari evaluasi ini ada 95 % lebih terlihat mash dalam kondisi bagus secara kepenguran anggota dan lainnya dan hanya ada satu atau dua saja yang kurang “, jelasnya.

Diharapkan keberadaan Bumdesma ini harus bisa menyelesaikan permasalahan masyarakat terkait kalau itu punya kegiatan ekonomi kreatif seperti pupuk bidang pertanian pembayaran pajak PBB, pajak kendaraan, listrik dan lain sebagainya. “ terus kemudian simpan pinjam itu untuk perolehan modal dan sebagainya jadi masalah-masalah masyarakat itu syukur-syukur bisa terselesaikan lewat keberadaan bumdesma di masing-masing wilayahnya” pungkas Bupati.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan kunjungan di masing-masing stan Bumdesma, peletakan batu pertama pembangunan pendopo kecamatan pitu, pemberian penghargaan lomba dan pemberian santunan serta baksos