Sudah menjadi agenda tahunan gelaran bertajuk Festival Kopi yang tahun ini mengusung tema “Iileng Ngopi Ileng Ngawj” diselenggarakan selama 3 hari, Jumat- Minggu (26-28/07/24) di Alun-alun Ngawi.

Disampaikan Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko tag line “Iileng Ngopi Ileng Ngawj”tercetus karena di Kabupaten Ngawi memiliki kopi varietas excelsa yang tidak dimiliki oleh kabupaten lain,” Salah satu hasil dari perkebunan kita adalah kopi khas Ngawi excelsa, yang melatar belakangi pemerintah daerah untuk setiap tahun mengadakan festival kopi ini” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Wabup, kopi sudah menjadi bagian ekonomi kreatif dan industri, Pemkab Ngawi hadir untuk memberi tempat bagi pelaku industri kopi untuk meningkatkan value kopi ,” Melalui kopi kita dapat mendongkrak ekonomi kreatif di Kabupaten Ngawi”, imbuhnya.

Sementara disampaikan Kadispora Ngawi Wiwien Purwaningsih, terdapat 22 stand kedai kopi baik dari Kabupaten Ngawi maupun luar Kabupaten Ngawi yang diharapkan dapat mengundang warga luar Ngawi untuk hadir,” Dan akhirnya ekonomi kreatif dari kopi semakin menggeliat”, katanya.

Dalam Festival Kopi ini juga diselenggarakan lomba barista dan stand kedai kopi terbaik.