TINGKAT KECAMATAN DI KABUPATEN NGAWI TAHUN 2022 

OLEH BAGIAN HUKUM SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN NGAWI

Bahwa untuk mempersiapkan lomba Keluarga Sadar Hukum yang akan di selenggarakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Kantor Wilayah Jawa Timur dan sebagai upaya mewujudkan masyarakat sadar hukum, maka Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Ngawi  mengadakan Lomba Keluarga Sadar Hukum tersebut di 11 (sebelas) kecamatan di Kabupaten Ngawi yang meliputi :

  1. Kecamatan Kendal;
  2. Kecamatan Geneng;
  3. Kecamatan Paron;
  4. Kecamatan Gerih;
  5. Kecamatan Widodaren;
  6. Kecamatan Ngrambe;
  7. Kecamatan Karangjati;
  8. Kecamatan Padas;
  9. Kecamatan Kasreman;
  10. Kecamatan Pitu; dan
  11. Kecamatan Ngawi,

Kegiatan Lomba ini berbentuk cerdas cermat antar desa se kecamatan, masing-masing desa mengirimkan 1 (satu) regu dengan jumlah peserta regu 5 (lima) orang baik laki-laki dan/atau perempuan dengan 1 (satu) orang pendamping dari kepala desa atau perangkat desa.

Keluarga Sadar Hukum yang selanjutnya disebut Kadarkum merupakan wadah yang menghimpun warga masyarakat yang dengan kemauannya sendiri berusaha untuk meningkatkan kesadaran hukum bagi dirinya, keluarga, dan lingkungannya. Lomba Kadarkum ini mengambil materi tentang narkotika, perdagangan orang, perlindungan perempuan, peradilan anak, informasi transaksi elektronik,lalu lintas dan angkutan jalan serta terorisme, dengan materi tersebut diharapkan dapat menambah pengetahuan khususnya bagi peserta lomba yang nantinya akan dapat disebarluaskan pada masyarakat sekitar, sehingga kesadaran hukum masyarakat akan meningkat.

Kesadaran hukum masyarakat perlu ditanamkan sejak dini yang berawal dari lingkungan keluarga, dengan setiap anggota keluarga melatih dirinya memahami hak-hak dan tanggung jawabnya terhadap keluarga, menghormati hak-hak anggota keluarga lain, dan menjalankan kewajibannya sebelum menuntut haknya. Apabila hal ini dapat dilakukan, maka ia akan terbiasa menerapkan kesadaran yang telah dimilikinya dalam lingkungan yang lebih luas, yaitu lingkungan masyarakat dan bahkan negara. Dengan kesadaran hukum masyarakat yang meningkat maka kepatuhan dan ketaatan hukum masyarakat juga akan meningkat sehingga ketertiban, kedamaian, ketenteraman, dan keadilan di masyarakat dapat terwujud.

Hasil dari lomba Kadarkum tingkat kecamatan ini adalah untuk menjaring pemenang di tingkat kecamatan yang akan menjadi wakil kecamatan untuk mengikuti lomba Kadarkum tingkat kabupaten di T.ahun 2024.

#kadarkum#baghukumsetdangawi2022#tepukkadarkum#masyarakatsadarhukum#