Bupati Ngawi Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Bupati Ngawi Pimpin Upacara Hari Kesehatan Nasional ke-59

Ngawi – Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono ST MH menjadi Pembina Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2023 bertempat di Halaman Dinas Kesehatan, Senin 13 November 2023.

Tema peringatan HKN ke-59 adalah Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang dibacakan oleh Bupati Ngawi menyampaikan bahwa setelah disahkannya Undang-Undang Nomo 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, ada 6 pilar transformasi kesehatan sebagai haluan bersama dalam upaya pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia yakni :

  1. Transformasi layanan primer, dari fokus mengobati menjadi kearahan pencegahan
  2. Transformasi layanan rujukan, dari akses layanan Kesehatan yang susah menjadi lebih mudah
  3. Transformasi sistem ketahanan Kesehatan, dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri menjadi mandiri di dalam negeri dan dari sistem kesehatan yang rentan di masa wabah menjadi Tangguh
  4. Transformasi pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif
  5. Transformasi sumber daya manusia dibidang kesehatan, dari tenaga kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata dan
  6. Transformasi teknologi kesehatan, dari sistem informasi yang terfragmentasi menjadi terintegrasi dan dari teknologi kesehatan yang tertinggal menjadi terdepan.

Transformasi kesehatan tidak dapat terwujud tanpa transformasi budaya kerja para insan kesehatan. Diharapkan kepada seluruh tenaga kesehatan, seluruh pegawai dan pejabat Pemerintah agar dapat bekerja dengan kompeten, jujur, selaras dalam mengawal dan menyukseskan transformasi Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ngawi menyerahkan piagam penghargaan kepada pemenang lomba peringatan HKN serta meninjau pelaksanaan donor darah dan pap smear.