Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono menerima penghargaan Kabupaten Layak Pemuda

Jakarta – Acara puncak perayaan Hari Sumpah Pemuda penganugerahan kepemudaan kemenpora 2019 diadakan di Jakarta Concert Hall, Senin (28/10)

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh mengungkapkan perayaan Hari Sumpah Pemuda telah berjalan sejak awal Oktober. Pihaknya telah menggelar sejumlah acara, sebelum memberikan penghargaan kepada insan muda berprestasi.

 “Kami laporkan bahwa pada kesempatan malam ini, sebagai rangkaian dari perayaan hari Sumpah Pemuda telah dimulai sejak 1 Oktober 2019, melalui peluncuran Bulan Pemuda. Berbagai kegiatan kepemudaan telah dilaksanakan,” kata Asrorun.

“Di antaranya adalah Pertemuan Legenda Pemuda sebagai upaya silaturahmi, tukar pengalaman dan juga curah pendapat sebagai kepentingan kemajuan pemuda Indonesia. Kemudian ada kegiatan Lomba Penulisan Sejarah Kepahlawanan kaum muda Indonesia, Turnamen Olahraga Pemuda dan Mahasiswa, serta Upacara Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan oleh seluruh instansi pemerintah,” ujarnya

Sebagai puncak perayaan Sumpah Pemuda, Kemenporan memberikan apresiasi kepada talenta-talenta muda di seluruh Indonesia, yang dikelompokkan ke empat bidang.

Penghargaan yang pertama adalah kategori Pemuda Pelopor. Anugrah Pemuda Pelopor diberikan kepada para pemuda yang menjadi pioneer dan kepeloporan di berbagai bidang. Di antaranya Bidang Agama, Sosial dan Budaya, Bidang Inovasi Teknologi, Bidang Pangan, Bidang Pendidikan serta Bidang SDA, Lingkungan dan Pariwisata.

Kedua adalah kategori Wirausaha Muda Pemula Berprestasi dan Penggerak Wirausaha Muda Berprestasi. Jiwa kewirausahaan menjadi salah satu hal yang membangun kemandirian kita sebagai bangsa.

Terdapat enam kategori di bidang kewirausahaan, yaitu bidang Pertanian dan Kelautan, bidang Industri Kreatif, bidang Pangan dan Kuliner, bidang Perdagangan dan Jasa, bidang Teknopreneur, serta bidang Sociopreneur.

Ketiga, ada juga penghargaan yang diberikan kepada Pemuda Hebat, Pemuda Difabel berprestasi dan Pemuda Internasional.,

Pada kategori keempat ini Kabupaten Ngawi mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Layak Pemuda. Bupati Ngawi Ir. H. Budi Sulistyono menerima secara langsung penghargaan ini.