Wabup Ngawi Pimpin Rakor Keselamatan Pengguna Jalan

Ngawi – Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, SH.,M.Si memimpin Rapat Koordinasi terkait Keselamatan Pengguna Jalan di Perlintasan Kereta Api Sebidang yang tidak berpalang dan terjaga di Kabupaten Ngawi, Rabu 07 Juni 2023.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah, Polres, PT. KAI Daops 7 Madiun, Camat serta Kepala Desa yang dilewati jalur kereta api.

Wakil Bupati Ngawi Dwi Rianto Jatmiko, SH.,M.Si menyampaikan tiga opsi menghindari kecelakaan lalu lintas diantaranya adalah pembangunan fly over atau under pas, pembangunan palang pintu dan yang terakir adalah relawan penjaga perlintasan kereta api.

Wabup Ngawi menambahkan tahun ini rencananya akan dibangun beberapa palang pintu kereta api di beberapa titik berdasarkan tingkat kerawanan.

Wabup Ngawi mengajak semua element dari tingkat kabupaten sampai desa untuk bersama-sama menjaga keselamatan warga masyarakat kabupaten Ngawi.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi menyampaikan bahwa pada bulan juli 2023 kecepatan kereta api menjadi 150-180 km/jam dari yang semula 80-100 km/jam yang dampaknya membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas.

Adapun 14 titik kerawanan di kabupaten Ngawi tersebar di 5 kecamatan diantaranya :

  1. Kecamatan Geneng ada di Desa Keras Wetan dan Tambakromo
  2. Kecamatan Paron di Desa Tempuran, Jambangan dan Ngale
  3. Kecamatan Kedunggalar di Desa Bangunrejo Kidul, Planglor dan Jatigembol
  4. Kecamatan Widodaren di Desa Sidolaju dan Kauman
  5. Kecamatan Mantingan di Desa Sambirejo dan Pakah