Vidcon Verifikasi Lanjutan Penghargaan Kab/Kota Sehat Tk. Nasional 2023

Bupati Ngawi Paparkan Sembilan Tatanan Kabupaten Sehat di Ajang Swasti Saba 2023

Ngawi – Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono ST MH memaparkan sembilan tatanan kabupaten/kota sehat (KKS) pada proses verifikasi lanjutan penyelenggaraan Swasti Saba secara daring dihadapan tim verifikasi pusat bertempat di Command Center, Senin 07 Agustus 2023.

adapun sembilan tatanan mewujudukan kabupaten/kota sehat (KKS) diantaranya :

  1. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri dengan Program Orang Tua Asuh bagi Ibu Hamil dan Balita Stunting serta Pertanian Ramah Lingkungan Berkelanjutan.
  2. Tatanan Permukiman dan Fasilitasi Umum dengan Program GEMAH RIPAH (Gerakan Ambil Sampah Jadi Rupiah) dan TANGKAR (Percepatan Penanganan Kebakaran dan Penyelamatan)
  3. Tatanan Satuan Pendidikan dengan Program Sekolah Ramah Anak, Pelaksanaan UKS dan Sekolah Adiwiyata.
  4. Tatanan pasar dengan Penerapan Kawasan Tanpa Rokok, Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), Apar dan Hydrant, Sertifikat Nomor Kontrol Vertenier Serta Sertifikat Halal RPH Ngawi
  5. Tatanan pariwisata dengan Penerapan Protokol Kesehatan pada Usaha Pariwisata, MOU Pelayanan Kesehatan antara Daya Tarik Wisata dengan Puskesmas setempat, Sarana Akomodasi yang Layak dan Sehat.
  6. Tatanan Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan dengan Program RASS (Rute Anak Selamat Sekolah) dab Penegakan Disiplin Berlalu Lintas dengan Elektronik Mobile (Kamera Incar)
  7. Tatanan perkantoran dan perindustrian dengan Penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Ruang Laktasi di Kantor Pelayanan Publik dan Fasilitasi Sertifikat Halal bagi Pelaku UMKM.
  8. Tatanan Perlindungan Sosial upaya Penanggulangan Kemiskinan Daerah dan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak LAPOR PAK (Layanan Pengaduan Online Kekerasan Perempuan dan Anak).
  9. Tatanan Pencegahan dan Penanganan Bencana dengan Program AKSI TANGKI (Akselerasi Truck Tangki) dan DESTANA (Desa Tangguh Bencana).
  10. Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri
  11. Pemukiman dan Fasilitas Umum
  12. Satuan Pendidikan
  13. Pasar
  14. Pariwisata
  15. Transportasi dan Tertib lalu lintas
  16. Perkantoran dan perindustrian
  17. Perlindungan sosial, Pencegahan dan penanganan bencana.

Sementara Tim Verifikasi Pusat menyampaikan bahwa saat ini proses penilaian sudah sampai pada tahap verifikasi lapangan untuk melakukan pendalaman dokumen yang telah dikirim sebelumnya.

Dari hasil verifikasi tersebut terdapat beberapa data dukung yang masih kurang dan harus segera dibenahi utamanya di sektor pariwisata serta transportasi dan tertib lalulintas.