Badan Pusat Statistik (BPS) gelar coffe morning membahas “ Satu Data Indonesia “ (SDI) Kabupaten Ngawi tahun 2024

Badan Pusat Statistik (BPS) gelar coffe morning membahas “ Satu Data Indonesia “ (SDI) Kabupaten Ngawi tahun 2024 yang dilakukan di ruang Co Working Space Mall Pelayanan Publik, pada kamis 11/01/2024.

Dalam Coffe Morning ini dihadiri Wabup Dwi Rianto Jatmiko, Sekda Sodiq Triwidiyanto, Kepala BPS Bagas Suslio besera jajaran dan Kepala OPD terkait.
Dan pada kesempatan ini Bagas Susilo menjelaskan bahwa kegiatan coffe morning ini merupakan bentuk koordinasi yang dilakukan BPS dengan Pemkab Ngawi terkait Roadmap SDI, Persiapan SDI, dan Evaluasi pembinaan statistic sectoral Kabupaten Ngawi di tahun 2024.

Terkait SDI tersebut Bagas Susilo juga memandang penting terkait data dari desa yang bisa diwujudkan dalam Satu Data dari Desa (SDDI) yang merupakan ujung tombak pembangunan. Dari hal tersebut disampaikan kepala BPS perlunya ada kolaborasi antar lintas sekotoral dalam mewujudkannya.
Dan disini BPS telah memberikan wadah dalam program Desa Cantik ( Desa Cinta Statistik ), yang mana nantinya Sumber Daya Manusia (SDM) di pemerintahan desa akan diberikan pembinaan pengeloilaan statistic sectoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan koperhensif untuk bisa menginput dan mengelola data dengan lebih baik.
Menanggapi apa yang disampiakan kepala BPS, Wabup Dwi Rianto Jatmiko dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasi terhadap program yang dilakukan BPS berupa ” Desa Cantik “. Dimana dalam program BPS ini wabup berharap adaya falidasi data yang bagus sebagai tolak ukur untuk melihat capaian kinerja yang dilakukan pemerintah daerah dalam berbagai sektor.
Dan untuk mendukung apa yang sudah disampiakan kepala BPS, Wabup ingin Sekda dan seluruh jajaranya untuk saling kolaborasi dan support terkait pengumpulan data dalam mewujudkan SDI maupun SDDI di Kabupaten Ngawi.
Kegiatan coffe morning ini dilanjutkan dengan diskusi bersama untuk merumuskan strategi dan gagasan dalam mensukseskannya program SDI maupun SDDI di Kabupaten Ngawi