Wakil Bupati Menyambut Penilaian Kelompok Asuhan Mandiri Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Dan Akupresur Tingkat Propinsi Jawa Timur

Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi masuk dalam penilaian lomba Kelompok Asuhan Mandiri (Asman) Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akuprsure  tingkat provinsi Jawa Timur melalui Melaliu Desa Karanggupito Kecamatan Kendal dalam penilaian lomba Asman Toga dan Akupresure tingkat Kabupaten Ngawi sehingga ditunjuk untuk maju ke Kabupaten Ngawi.

bertempat di Desa Karanggupito lomba toga tingkat provinsi yang Setelah diterima Wakil Bupati Ony Anwar yang transit di Pendopo Wedya Graha Ngawi tim juri penilai diajak ke Desa Karanggupito untuk kunjungan lapangan langusng ke Taman Toga yang ada. Hadir dalam romobongan tersebut, tim juri penilai diwakili dari Dinas Propinsi Jawa Timur Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Jawa Timur.

“ Semoga kunjungan ini menghasilkan nilai yang terbaik untuk Desa Karanggupito.” Tutur Wakil Bupati Ony anwar. Asuhan mandiri kesehatan tradisional melalui pemanfaatan tanaman obat keluarga (TOGA) dan akupresure merupakan upaya kesehatan tradisional yang dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat/keluarga dalam mengatasi gangguan kesehatan ringan yang ada didalam keluarga, sehingga dengan asuhan mandiri kesehatan tradisional diharapkan masyarakat dapat mewujudkan keluarga sehat secara mandiri.

 “Pemerintah daerah bersama pemerintah kecamatan dan desa  dibantu OPD terkait terus berupaya mendorong masyarakat untuk mengembangkan Toga. Ini sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui obat tradisional melalui tanaman Toga.

lebih lanjut ditegaskan Wakil  Bupati ony Anwar  bahwa tanaman Toga merupakan warisan peninggalan leluhur bangsa Indonesia yang harus terus dilestarikan, sehingga kita harus membina dan mengajak masyarakat untuk lebih sering memanfaatkan Toga untuk mengobati penyakit, selain itu Toga  juga memiliki fungsi memperindah lingkungan dan bisa dijadikan ladang bisnis.